Minggu, 26 April 2015

KETERKAITAN HUBUNGAN ANTARA SDA, SDM DAN TEKNOLOGI



Daftar Isi




BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan sebutan bagi kemajuan zaman sekarang ini. Dari tahun ke tahun, IPTEK sudah semakin maju dan menjadi pengaruh pada kehidupan manusia. IPTEK pada zaman sekarang sudah semakin maju sehingga bisa membantu pekerjaan manusia. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika manusia yang hidup pada zaman sekarang juga mengikuti perkembangan IPTEK tersebut dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.
Sebagai contoh dari penerapan IPTEK yang penulis pandang dalam dunia pendidikan adalah pembuatan aplikasi kamus digital. Penguasaan bahasa asing juga mengambil bagian penting dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Alasan mengapa penguasaan bahasa asing adalah karena dengan menggunakan bahasa asing yang digunakan lebih banyak penduduk dari negara lain, seseorang dapat saling bertukar informasi dengan penduduk negara lain bahkan dapat menetap di negara lain dan bersosialisasi dengan penduduk negara lain tersebut jika dengan menggunakan bahasa yang digunakan banyak negara lain.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Perkembangan iptek juga tentunya membawa pengaruh pada lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial-budaya. Pengaruh-pengaruh itu tentu tak lepas dari sisi positif dan sisi negatif. Pengaruh positif dan pengaruh negatif itu lah yang akan ditelusuri dalam makalah ini. Karena sesungguhnya manusia juga tentu tidak bisa lepas dari pekembangan iptek dan untuk itu manusia hanya perlu menyesuaikan perkembangan itu agar tetap sesuai dengan fungsi alamaiahnya dan fungsi moralnya dalam lingkungan.


B.     Perumusan Masalah

a.         Apa yang dimaksud SDA, SDM dan Teknologi?
b.         Bagaimana Cara pemanfaatan SDA ?
c.         Apa saja dampak terkologi ?


C.     Tujuan

Tujuan penulisan ini di bagi menjadi 2 yaitu, tujuan umum dan khusus:
a.       Tujuan Umum
·           Menjelaskan tentang IPTEK dan pengaruh nya pada lingkungan.
·           Diharapkan dapat menambah pengetahuan para pembaca makalah.
b.      Tujuan Khusus
·           Memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi.


D.     Manfaat

1.         Sebagai bahan pelajaran bagi mahasiswa.
2.         Sebagai literature untuk lebih memahami hubungan antara SDA, SDM dan teknologi
3.         Mencegah dampak negative dari pemanfaatan IPTEK terhadap lingkungan


BAB II

PEMBAHASAN


A.     Sumber Daya Alam (SDA)

1.        Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam ialah suatu sumber daya yang terbentuk karena kekuatan alamiah, misalnya tanah, air dan perairan, udara dan ruang, mineral tentang alam, panas bumi dan gas bumi, angin, pasang surut/arus laut (Daryanto 1995:36).
Secara ilmiah sumber daya alam (Natural resources) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang dengan nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Atau dengan kata lain sumber daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati maupun benda hidup yang berada dibumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Menurut Sukanto Reksodiprodjo (1990:5), Sumber daya alam adalah sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai didalam kondisi dimana kita menemukannya. Sumber daya alam meliputi semua yang terdapat dibumi baik yang hidup maupun benda mati yang berguna bagi manusia, terbatas jumlahnya dan pengusahaannya memenuhi kriteria – kriteria teknologi, ekonomi, social dan lingkungan.
Menurut Katili, sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Menurut Ireland dalam Soerianegara, sumber daya alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Menurut Isard dalam Soerianegara, sumber daya alam dapat diartikan sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.
Dari berbagai pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam adalah suatu pernyataan atau pendapat yang digali dari sumber lain dengan tidak mengubah apapun yang ada atau apa adanya. 

2.        Klasifikasi Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
2.1    Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau sumber daya alam dapat secara alami ataupun secara budaya. Sumber daya alam ini meliputi sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani.


a.         Sumber daya alam nabati
Beberapa hasil dari sumber daya nabati di wilayah indonesia, yaitu :
a)         Hasil pertanian : padi, jagung, sagu
b)        Hasil perkebunan : tebu, karet, kelapa sawit, kelapa, kopi, the, cengkeh, tembakau, kapas
c)         Hasil hutan
Sebagian besar hutan yang ada di Indonesia terdapat di luar pulau jawa, dengan rincian : Sumatera 60%, Kalimantan 75%, Sulawesi 50%, Irianjaya 75%, dan pulau Jawa 20%. Namun saat ini semua hutan di Indonesia sudah mulai berkurang karena terjadinya pembalakan liar tanpa memperhatikan dampak berkelanjutan. Hutan sangatlah bermanfaat bagi kita baik secara langsung maupun tak langsung. Diantaranya : sebagai penghasil oksigen, menghasilkan berbagai jenis kayu untuk kebutuhan kita, menyimpan air, dan sebagainya. Hanya  saja kita tidak menyadarinya, seharusnya kita memanfaatkan hutan sambil memikirkan dampak berkelanjutanya.

b.        Sumber daya alam hewani
Beberapa hasil dari sumber daya hewani yang ada di wilayah Indonesia :
a)         Hasil perternakan
Perternakan adalah usaha pemeliharaan ternak untuk diambil manfaatnya. Perternakan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :
·           Ternak hewan besar : sapi, kerbau, kuda.
·           Ternak hewan kecil : domba, biri-biri, kambing.
b)        Ternak unggas : ayam, puyuh, dan itik.
c)         Hasil perikanan
Perikanan yaitu usaha manusia yang ditunjukan untuk mengembangbiakan dan memanfaatkan hasil alam berupa ikan baik di daratan maupun dilautan. Karena itulah perikanan dibagi menjadi dua yaitu :
·           Perikanan darat
·           Perikanan Laut

2.2    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan kembali setelah digunakan, atau jika dipulihkan tidak menguntungkan karena biayanya sangat besar dan memerlukan waktu yang lama. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu sumber daya alam mineral dan sumber daya alam tenaga.
a.         Sumber daya mineral
Jenis-jenis sumber daya mineral yaitu : timah, alumunium, tembaga, emas dan perak, nikel, mangan dan biji besi, jenis mineral industri, aspal
b.        Sumber daya tenaga/energi
·           Minyak bumi dan gas alam
·           Batubara

Dalam pembagiannya Sumber Daya Alam dikelompokkan sebagai berikut:
a.         Sumber daya alam berdasarkan jenis
·           Sumber daya alam hayati/biotic adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. contoh: tumbuhan, hewan, mikro organisme, dan lain-lain.
·           Sumber daya alam non hayati/abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati. contoh: bahan tambang, air, udara, batuan, dan lain-lain.

b.        Sumber daya alam berdasarkan sifat pembaharuan
·           Sumber daya alam yang dapat diperbaharui/renewable yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. contoh: air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan lain-lain.
·           Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui/non renewable ialah sumber daya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat dilestarikan serta dapat punah. contoh: minyak bumi, batubara, timah, gas alam.
·           Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya. contoh: sinar matahari, arus air laut, udara, dan lain lain.

c.         Sumber daya alam berdasarkan kegunaan atau penggunaannya
·           Sumber daya alam penghasil bahan baku adalah sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi.contoh: hasil hutan, barang tambang, hasil pertanian, dan lain-lain.
·           Sumber daya alam penghasil energi adalah sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi. misalnya: ombak, panas bumi, arus air sungai, sinar matahari, minyak bumi, gas bumi, dan lain sebagainya.

3.        Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan SDM. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada terwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia. Maka prioritas utama pengelolaan adalah upaya pelestarian lingkungan.

a.         Pemanfaatan SDA Nabati
a)        Dimanfaatkan sebagai sumber daya pangan seperti padi, jagung, ubi  dan sebagainya.
b)        Dimanfaatkan sebagai sumber sandang seperti serat haramay.
c)        Beberapa jenis tanaman dapat dimanfaatkan sebagai minyak atsiri seperti kayu putih, sereh, kenanga, cengkeh.
d)       Dimanfaatkan sebagai tanaman hias seperti anggrek.
e)        Dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel seperti meranti, rotan, bambu.
f)         Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan kencur, jahe, kunyit
g)        Dimanfaatkan sebagai keperluan industry

b.        Pemanfaatan SDA Hewani
a)        Dimanfaatkan sebagai sumber daya pangan seperti daging sapi, daging kambing.
b)        Dimanfaatkan sebagai sumber kerajinan tangan seperti lokan, dirangkai menjadi perhiasan.
c)        Dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai budaya manusia dan nilai kehidupan, seperti bentuk kapal selam diadopsi dari cara ikan menyelam, bentuk pesawat dari bentuk burung.

c.         Pemanfaatan SDA Barang Tambang
a)        Sebagai pemenuh kebutuhan SDA barang tambang dan galian dalam negeri.
b)        Menambah pendapatan negara karena barang tambang dapat diekspor keluar negeri.
c)        Memperluas lapangan kerja.
d)       Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
e)        Memajukan industri dalam negeri.

4.        Pelestarian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam perlu dilestarikan supaya dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak atau musnah kehidupan bisa terganggu. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diusahakan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam:
a.         Berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkesinambungan
a)        Penghijauan dan Reboisasi
b)        Sengkedan atau terasering
c)        Pengembangan daerah aliran sungai
d)       Pengelolaan air limbah
e)        Penertiban pembuangan sampah
b.        Berdasarkan Prinsip Mengurangi
Dalam mengambil sumber daya alam sebaiknya jangan diambil semuanya, tetapi berprinsip mengurangi saja. Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem lingkungan.
c.         Berdasarkan Prinsip Daur Ulang
Proses daur ulang adalah pengolahan kembali suatu massa atau bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah kering yang tidak mempunyai nilai ekonomi menjadi barang yang berguna bagi kehidupan manusia.

B.     Sumber Daya Manusia (SDM)

1.        Pengertian Manusia

Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya. Berikut ini adalah pengertian dan definisi manusia menurut beberapa ahli:
a.         Nicolaus D & A. Sudiarja
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
b.        Abineno J.I
Manusia adalah “tubuh yang berjiwa” dan bukan “jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana”.
c.         Upanisads
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.

d.        Sokrates
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.
e.         Kees Bertens
Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.
f.         Omar Mohammad AlpToumy Al-Syaibany
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

2.        Definisi Sumber Daya Manusia

Menurut Gomes (1997), Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi, meliputi semua orang yang melakukan aktivitas. Dalam suatu organisasi perlu adanya suatu manajemen yang mengelola sumber daya manusia yang ada untuk mencapai tujuan organisasi. Mathis dan Jackson (2006) mengartikan manajemen sumber daya manusia sebagai rancangan sistem – sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan – tujuan organisasional. Tugas manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaannya.
Menurut Werther dan Davis yang dikutip oleh Edy Sutrisno menyatakan bahwa sumber daya manusia adalah pegawai yang siap, mampu dan siaga dalam mencapi tujuan – tujuan organisasi (Werther dan Davis dalam Sutrisno, 2009:1)
Menurut Hadari Nawami yang dikutip oleh Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah yang dimaksudkan sebagai sumber daya manusia meliputi tiga pengertian yaitu :
a.         Sumber daya manusia adalah manusia yang bekerja dilingkungan suatu organisasi (disebut juga personil, tenaga kerja, pegawai atau karyawan)
b.        Sumber daya manusia adalah potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya.
c.         Sumber daya manisia adalah potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal (non material/nonfinansial) didalam organisasi bisnis, yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensinya. (Nawami dalam Sulistiyani dan Rosidah, 2003:9)

Selain definisi Sumber daya manusia diatas Faustino Cardoso Gomes (2003:1) menyebutkan bahwa: Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terdapat dalam organisasi, meliputi semua orang yang melakukan aktivitas.
Menurut Werther dan Davis dalam Taliziduhu Ndraha, Sumber daya manusia (Human Recource) adalah “the people who are ready, willing, and able  to contribute to organizational goals,”. Sudah barang tentu, yang dimaksud dengan organisasi dalam “organizational goals,” bukan hanya industri atau perusahaan, hukum, sosial, budaya, lingkungan, dan sebagainya. Dilihat dari sudut itu, negara juga adalah organisasi.
Menurut Buchari Zainun, suku kata yang terdapat pada sumber daya manusia yaitu sumber, daya, dan manusia tidak ada satu kata pun yang sulit untuk dipahami. Ketiga suku kata itu tentu ada artinya dan semuanya dengan mudah dapat dipahami apa artinya. Karena itu tidak perlu dijelaskan masing-masing suku kata tesebut. Secara sederhana yang dimaksud dengan SDM adalah daya yang bersumber dari manusia. Daya yang bersumber dari manusia ini dapat pula disebut tenaga atau kekuatan (energi atau power). Tenaga, daya, kemampuan, atau tenaga uap, tenaga angin, tenaga matahari.
Berdasarkan pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia adalah manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Mampu bekerja berarti mampu melakukan kegiatan yang mempunyai kegiatan ekonomis, yaitu bahwa kegiatan tersebut menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau masyarakat.
Berikut ini merupakan kecerdasan yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia, yaitu:
a.         Kecerdasan Intelektual
Dalam diri manusia terdapat kecerdasan yang disebut dengan kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient/ IQ). Anak-anak yang cerdas, yang karena itu dianggap pasti sukses dalam kehidupan, adalah mereka yang nilai rapornya bagus semua atau indeks prestasinya di atas rata-rata. Sejak Wilhelm Stern, Psikolog Jerman yang banyak mengacu pada teori inteligensi Alfred Binnet dan Theodore Simon menyebut IQ sebagai ukuran kecerdasan. Akibatnya titik berat pendidikan di Indonesia yang menganut teori intelegensi ini adalah hanya memberi kesempatan berkembang pada otak kiri saja, membuat otak kanan terbengkalai.
b.        Kecerdasan Emosi
Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini seperti penjarahan, pembakaran, perampasan, pembunuhan, penculikan, perkosaan, tawuran, tindak kekerasan dan kekejaman yang dilakukan anak bangsa yang mewarnai panggung dunia pendidikan di tanah air sungguh memilukan dan memalukan. Bangsa yang dikenal sebagai bangsa yang ramah, peduli, murah senyum berubahn menjadi bangsa yang menakutkan dan mengerikan bangsa lain adalah salah satu bukti kesalahan pendidikan yang hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual belaka.


Kecerdasan emosi berbeda dengan kecerdasan intelektual, sebab kecerdasan emosi merupakan kemampuan mengelola, mengendalikan emosi, menggunakan intuisi, indera, kepekaan yang justru tidak melibatkan daya nalar manusia.Kalau kecerdasan intelektual diukur dengan IQ, maka kecerdasan emosi merupakan kemampuan non-kognitif. IQ tidak membuat seseorang menjadi unik, tetapi perasaan-perasaan yang ada pada diri seorang anak dan bagaimana anak menyikapi perasaannyalah yang menjadikan anak itu unik. Namun demikian, antara IQ dan EQ bukanlah kemampuan yang saling bertentangan, tetapi kemampuan yang sedikit terpisah.
c.         Kecerdasan Spiritual
Kehidupan masyarakat skuler sudah bergeser ke arah materialis dan hedonis. Perkembangan globalpun bisa berdampak positif, namun juga negatif. Dampak positifnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu manusia untuk mengakses berbagai informasi secara cepat tentang peristiwa yang ada di belahan dunia untuk kemajuan hidupnya, namun dampak negatifnya informasi yang masuk dapat menjadi akar penyebab keretakan kesatuan dan persatuan bangsa, bahkan dapat menghilangkan jati diri bangsa itu sendiri.

C.     TEKNOLOGI

1.        Pengertian Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi adalah produk ilmu pengetahuan.
Menurut Walter Buckingham yang dimaksud dengan teknologi adalah “ilmu pengetahuan yang diterapkan ke dalam seni industry serta karenanya mencakup alat-alat yang memungkinkan terlaksananya efisiensi tenaga kerja menurut keragaman kemampuan”
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu, akibatnya dengan sendirinya setiap jenis teknologi atau bagian ilmu pengetahuan dapat di-teknologi-kan. Sehingga teknologi tidak aka nada tanpa berpasangan dengan ilmu pengetahuan,dan pengetahuan perlu disertai oleh teknologi yang menjadi pasangannnya.
Demikianlah teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Secara lebih umum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunanaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia. Dewasa ini, telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru ‘membelenggu’ perilaku dan gaya hidup kita sendiri.
Adapun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan oleh para ahli yaitu :
a.         Teknologi modern
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a)        Padat modal
b)        Mekanis Elektris
c)        Menggunakan Bahan Impor
d)       Berdasarkan teknologi mutakhir
b.        Teknologi Madya
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a)        Padat karya
b)        dapat dikerjakan oleh keterampilan setempat
c)        menggunakan alat setempat
d)       berdasarkan alat penelitian
c.         Teknologi Tradisional
Jenis teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a)        bersifat padat karya
b)        menggunakan keterampilan setempat
c)        menggunakan alat setempat
d)       menggunakan bahan setempat
e)        berdasarkan pengamatan dan kebiasaan

2.        Dampak Teknologi

Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang:
a.         Bidang Informasi dan komunikasi
Dampak positipnya antara lain:
a)        Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet
b)        Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c)        Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
Dampak negatifnya, antara lain:
a)        Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b)        Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c)        Kerahasiaan alat tes semakin terancam melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d)       Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

b.        Bidang Ekonomi dan Industri
Dampak positifnya antara lain:
a)        Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b)        Terjadinya industrialisasi
c)        Produktifitas dunia industri semakin meningkat
d)       Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
e)        Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain:  terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan, sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.


c.         Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat
a)        Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
b)        Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu bangsa  akan  semakin  kokoh.  
c)        Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras. Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek budaya. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

d.        Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a)        Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b)        Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
c)        Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses  pendidikan antara lain: Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal, contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.



e.         Bidang politik
Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.

D.      Interaksi atau Hubungan SDA dan SDM

Sumber daya alam yang terdapat di Indonesia, baik berupa tanah, air, udara, maupun mineral, perlu diolah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan penduduk. Untuk mengelola sumber daya alam itu, diperlukan tenaga, keahlian, dan teknologi pengeloaannya yang berkelanjutan.
Di Indonesia, tenaga/modal cukup tersedia, keahlian bisa ditingkatkan dengan jalan melatih dan mendidik tenaga-tenaga yang ada. Namun dalam mengelola sumber daya alam, diperlukan tindakan yang bijaksana yang berkelanjutan sehingga kelestarian lingkungan hidup terjaga. Maka dalam pengelolaan sumber daya alam, terjadi interaksi antara sumber daya alam dan sumber daya manusia dan bentuk tersebut antara lain dalam bidang pertanian, industri dan ekonomi.
1.         Pertanian dan pelestarian lingkungan hidup
Pertanian di Indonesia merupakan mata pencarian bagi sebagian besar bangsa Indonesia dan 60% merupakan lahan pertanian, maka Indonesia terkenal dengan negara agraris. Bidang pertanian itu meliputi : pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Dari semua bidang, sektor pertanian menjadi prioritas yang di utamakan pemerintah.
Karena sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan yang strategis dalam strktur pembangunan perekonomian nasional. Sektor ini merupakan sektor yang tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam  pembangunan bangsa. Mulai dari proteksi, kredit hingga kebijakan lain tidak satu pun yang menguntungkan bagi sektor ini. Program pembangunan pertanian yang tidak terarah tujuannya bahkan semakin menjerumuskan sektor ini pada kehancuran. Meski demikian sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung tenaga kerja dan sebagian besar penduduk kita tergantung padanya.
Perjalanan pembangunan pertanian Indonesia hingga saat ini masih belum dapat menunjukan hasil yang maksimal jika dilihat dari tingkat kesejahteraan petani dan konstribusinya pada pendapatan nasional. Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional. Ada beberapa hal yang mendasari pembangunan pertanian memberi peran penting, antara lain : Sumber daya alam yang besar dan beragam, keuntungan terhadap pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini. Potensi pertanian Indonesia yang besar namun pada kenyataannya sampai saat ini sebagian besar dari petani kita masih banyak yang termasuk golongan miskin. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah pada masa lalu bukan saja kurang memberdayakan petani tapi juga terhadap sektor pertanian keseluruhan.
Selain pertanian, sekarang juga perkebunan, perikanan, peternakan, dan kehutaan memberikan konstribusi yang tinggi bagi masyarakat. Saat ini sudah berkembang pesat semua sektor yang ada dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Karena sumber daya manusia sudah maju jadi sudah memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, benar, optimal dan  pengelolaan yang berkelanjutan.
Dengan kata lain pertanian dalam arti luas yaitu yang mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup(termasuk tanaman, hewan, dan mikroba)untuk kepentingan manusia. Dalam arti sempit, pertanian juga diartikan sebagai kegiatan pemanfaatan sebidang lahan untuk membudidayakan jenis tanaman tertentu, terutama yang bersifat semusim. Maka usaha pertanian kadang dapat merusak lingkungan, kerusakan lingkungan bisa terjadi apabila kita salah dalam mengolah sumber daya alam yang kita gunakan dalam bidang pertanian.

2.         Industri dan pelestarian lingkungan hidup
Industri adalah kegiatan mengolah bahan-bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Barang jadi adalah barang yang sudah siap dipergunakan, sedangkan barang setengah jadi adalah barang yang masih harus diproses lagi pada kegiatan industri selanjutnya.
Indonesia termasuk negara agraris, yang sedang berusaha menumbuhkan industrinya. Sekarang sudah banyak industri telah mampu mengekspor hasil-hasilnya, misal pupuk, kulit, pakaian jadi, tekstil dan kerajinan. Sektor industri ada hubungan dan kaitan dengan sektor lain, oleh karena itu peran industri sangat penting antara lain : menyediakan lapangan pekerjaan, dan menyediakan barang-barang yang diperlukan masyarakat. Selain dapat mencukupi kebutuhan sendiri, diharapkan hasil industri dapat di ekspor yang berarti menambah devisa negara. Mengingat begitu pentingnya peran industri bagi kita, maka industri perlu di kembangkan dan diharapkan dapat menjadi tulang punggung bangsa Indonesia. Namun dalam pemanfaatannya harus melakukan pengelolaan yang berkepanjangan, karena usaha industri bisa mengancam kelestarian lingkungan. Lebih-lebih jika cara pengelolaan limbahnya tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Maka harus memenuhi peraturan tentang pendirian industri dan mempunyai izin serta harus memperhatikan tentang ANDAL.

3.      Peranan pertanian dan industri dalam bidang perekonomian Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan dari sumber daya alam seperti kesuburan tanah, hasil hutan, tambang dan hasil laut. Semua kekayaan itu sangat mempengaruhi pertumbuhan industri, maka diperlukan sumber daya manusia yang memiliki keahlian untuk mengolah bahan mentah dari alam tersebut menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi. Selain itu diperlukan juga sumber daya modal sebagai penunjang dalam proses pengolahan bahan mentah tersebut.


Adapun 2(dua) sektor yang berperan dalam perekonomian indonesia, yaitu
a.        Peranan Sektor Pertanian
Pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hampir dari setengah perekonomian. Pertanian juga memiliki peran nyata sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor. Oleh karena itu perlu diadakannya pembangunan di dalam sektor pertanian sehingga dapat bersaing di pasar dalam negeri maupun di luar negeri.
Kekayaan Indonesia berupa lahan pertanian juga merupakan aset penting untuk agrowisata. Dengan pengolahan yang baik hasil perkebunan ini dan pemeliharaan terhadap kebersihan dan keindahannya, maka nilai agrowisatanya akan memberikan devisa yang cukup tinggi bagi negara.
Terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan 1997 menunjukkan bahwa sektor pertanian dapat bertahan dari sektor yang dibangga-banggakan pada tahun tersebut yaitu sektor industri. Bahkan sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 0,22%. Padahal perekonomian Indonesia pada saat itu mengalami penurunan pertumbuhan sekitar 13,68%.
Pertanian dapat dilihat sebagai suatu yang sangat potensial dalam empat bentuk sumbangan terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional yaitu sebagai berikut:
a)        Perluasan daerah dari sektor-sektor ekonomi lainnya sangat tergantung pada pertumbuhan output di bidang pertanian, baik dari sisi permintaan maupun penawaran sebagai sumber bahan baku bagi keperluan produksi di sektor-sektor lain seperti industri manufaktur dan perdagangan.
b)        Pertanian berperan sebagai sumber penting bagi pertumbuhan permintaan domestik bagi produk-produk dari sektor-sektor lainnya.
c)        Sebagai suatu sumber modal untuk investasi di sektor-sektor ekonomi lainnya, dan sebagai sumber penting bagi suplai perdagangan (sumber devisa).

b.        Peranan Sektor Industri
Sektor industri merupakan sektor utama dalam perekonomian Indonesia setelah sektor pertanian. Sektor ini sebagai penyumbang terbesar dalam pembentukan PDB Indonesia sampai tahun 1999. Bahkan sejak tahun 1991 peran sektor industri mampu menjadi sektor utama dengan mengalahkan sektor pertanian.Di Indonesia industri dibagi menjadi empat kelompok, yaitu industri besar, industri sedang, industri kecil dan industri rumah tangga. Pengelompokan ini didasarkan pada banyaknya tenaga kerja yang terlibat didalamnya, tanpa memperhatikan industri yang digunakan.
Perindustrian di Indonesia telah berkembang pesat, namun perindustrian yang telah maju tersebut tampaknya malah menjadi malapetaka bagi sektor pertanian. Dengan semakin banyaknya pabrik yang berdiri di setiap daerah bahkan daerah pedesaan telah menggusur lahan-lahan pertanian produktif yang jika tetap digunakan dapat menghasilkan komoditas pertanian yang unggul.
Selain itu hujan asam yang timbul akibat adanya pencemaran dari gas-gas beracun yang tersebar di udara oleh pabrik-pabrik tersebut dapat merusak tanaman dan tanah sehingga hasil yang didapat sangat tidak bagus bahkan kurang baik jika dikonsumsi oleh manusia.
Maka pemerintah membuat peraturan-peraturan bagi yang akan mendirikan industri besar, industri sedang, industri kecil, bahkan industri rumah tangga. Yang memperhatihatikan kelestarian lingkungan dengan pengelolaan yang berkelanjutan. Misalnya : UU No 27 Tahun 1980 tentang bahan galian, PP No.4 Tahun 1982 tentang pengelolaan lingkungan hidup, PP No.5 Tahun 1984 tentang pendirian industri, PP No. 9 Tahun 1986 tentang Analisis dampak lingkungan(Andal), dan sebagainya.

E.     Keterkaitan Antara SDM Dan Teknologi

Di dalam sebuah perusahaan, banyak faktor yang mempengaruhi maju mundurnya suatu perusahaan. Salah satu faktor tersebut adalah sumber daya. Peranan sumber daya pada suatu perusahaan / organisasi sangatlah penting, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Disini peranan manajemen sangatlah penting dalam menyaring sumber daya yang benar – benar memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila manajemen salah dalam memilih sumber daya yang dibutuhkan perusahaan maka dapat berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan. Perusahaan yang tidak mempunyai sumber daya maka perusahaan tersebut tidak akan dapat berjalan.
Kemajuan dan perkembangan IPTEK dalam beberapa dekade terakhir ini sangatlah pesat. Hal ini membuat peranan manusia digantikan oleh mesin. Menyebabkan lapangan kerja yang tersedia menjadi semakin sedikit dan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan semakin berat. Oleh karena itu, hanya sumber daya manusia yang berkualitas sajalah yang mampu bertahan dalam persaingan yang sangat ketat ini.
Teknologi merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah perusahaan. Hampir mustahil perusahaan atau organisasi menjalankan usahanya tanpa adanya teknologi di masa sekarang ini. Karena Teknologi sudah menjadi suatu komponen yang tak terpisahkan dari sebuah perusahaan dan merupakan salah satu unsur terpenting dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang menguasai teknologi tersebut. Dengan adanya sumber daya manusia yang menguasai teknologi tersebut maka kualitas produksi suatu perusahaanpun dapat ditingkatkan. Di sisi lain, Teknologi akan sia-sia jika sumber daya manusianya tidak dapat memanfaatkan teknologi tersebut. Oleh sebab itu, keterkaitan antara sumber daya manusia dengan teknologi sangatlah erat. Sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten dan mampu menguasai teknologi agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.
Contoh manfaat teknologi bagi manusia, antara lain :
a.         Dengan telah diketemukan alat komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh.
b.         Adanya alat-alat transportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jarak jauh, juga orang telah dapat mempelajari antariksa.
c.         Dengan menggunakan computer, orang akan dapat mengerjakan, mengoreksi suatu pekerjaan secara cepat dan tepat.

F.      Penerapan Teknologi dalam Sumber Daya Alam

Kehadiran teknologi knowledge-based expert system yang fokus pada pemrosesan pengetahuan (knowledge processing), merupakan suatu paradigma baru di dalam memberi solusi pengelolaan sumberdaya alam. Mengingat begitu kompleksnya permasalahan yang dihadapi di dalam pengelolaan sumber daya alam, khususnya di negara kita.
Dibawah ini adalah beberapa peranan dari penerapan teknologi dalam sumber daya alam.Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
1.      Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
2.      Teknilogi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan di tempat itu.
3.      Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.


BAB III

PENUTUP


Demikianlah makalah tentang  Keterkaitan Hubungan Antara SDA, SDM dan Teknologi ini Penulis buat, semoga dapat bermanfaat bagi Penulis dan pembaca sekalian.

*      Kesimpulan   :

Berdasarkan pembahasan makalah ini dapat kami simpulkan bahwa :
Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memerlukan sumber daya alam, berupa tanah, air, udara, dan sumber daya alam lain yang termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun tidak diperbaharui. Namun demikian harus disadari bahwa sumber daya alam yang dipperlukan mempunyai keterbatasan dalam banyak hal, yaitu keterbatasan tentang ketersediaan menurut kuantitas, kualitas, ruang dan waktu.
Manusia dan alam mempunyai keterkaitan yang sangat erat, hal ini dapat terlihat dari aktivitas yang dilakukan manusia ditentukan oleh keadaan lingkungan disekitarnya. Keberadaan sumber daya alam, air, tanah, dan sumber daya  yang lain menentukan aktivitas sehari-hari. Manusia tidak bisa hidup tanpa sumber daya alam, namun ada pula aktivitas manusia yang merugikan dan mempengaruhi sumber daya dan lingkungan. Ada hubungan interaksi diantara sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam pengelolaannnya. Di Indonesia, tenaga/modal cukup tersedia, keahlian bisa ditingkatkan dengan jalan melatih dan mendidik tenaga yang ada dan diperlukan tindakan yang bijaksana yang berkelanjutan dalam pengelolaannya.
Industri dan pertanian merupakan elemen yang dapat saling melengkapi dan jika diseimbangkan akan mendatangkan devisa yang cukup besar bagi negara. Saat ini Indonesia mengekspor bahan-bahan mentah hasil pertanian untuk diolah di luar negeri. Yang menarik adalah bahan-bahan mentah itu akan diolah diluar negeri untuk kemudian dijual (diimpor) kembali ke Indonesia.
Keseimbangan yang tidak terjaga antara sektor industri dan sektor pertanian, menjadi pemicu menurunnya perekonomian Indonesia. Jika antara pertanian dan industri dapat berjalan beriring tentunya dapat menambah pendapatan negara. Selain itu dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan, yaitu dengan mengembangkan industri pertanian. Hasil-hasil pertanian tersebut dapat diolah menjadi bahan baku, sehingga dapat mengurangi impor Indonesia.
Pengelolaan lingkungan termasuk pencegahan, penanggulangan kerusakan dan pencemaran serta pemulihan kualitas lingkungan telah menuntut dikembangkannya berbagai perangkat kebijakan dan program serta kegiatan yang didukung oleh sistem pendukung pengelolaan lingkungan lainnya. Maka interaksi yang terjadi antara sumber daya alam dengan sumber daya manusia sudah menjadi kodrat, yang terus saling berkesinambungan dan bersimbiosis diantara keduanya. Kita harus menjaga dan memperhatikan lingkungan kita agar anak cucu kita dapat merasakan keindahan, keasrian dan kenyamanan lingkungan ini.

*      Saran    :

Diperlukan sarana yang dapat membatasi laju perkembangan IPTEKS agar hal ini tidak menyebabkan akibat yang sangat besar, karena dengan IPTEKS manusia lebih cenderung untuk mengejar kesenangan pribadinya tanpa memikirkan lingkungan sekitarnya.IPTEK telah berhasil merubah pola hidup manusia dan akibatnya pun saat ini sudah dirasakan, alternatif yang harus kita pikirkan adalah bagimana menciptakan IPTEKS yang berwawasan lingkungan.
Tidak dapat dipungkiri, pemerintah berkewajiban melindungi masyarakat umum dari pengaruh kehadiran teknologi. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.


DAFTAR PUSTAKA



Pratiwi, Amelia Rizqi, Syifa Aulia, Ruth Citra Permata, Manusia IPTEKS dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Sondang p. Siagian, MPA., Filsafat Administrasi, PT. Gunung Agung, Jakarta, 1985, hlm. 1 .
Syafiie, Inu Kencana, Pengantar Ilmu Pemerintahan, PT. Refika Aditama, Jatinangor, 2001, hlm. 3 .
Arma Zulfikar. 2010. Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam Masa Lalu Sebagai Arah dalam Pengelolaa Sumber Daya Alam Kekiniian.
Arsyad, Lincolin. (2004). Ekonomi Pembangunan. Yogakarta: Sekolah Tinggi Ekonomi YKPN
Sukanto Reksodiprodjo. 2000. Pengertian Produktivitas, Bumi Aksara, Jakarta.
Faustino Cardos, Gomes. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2002.
Mathis dan Jackson. 2002.  Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Salemba Empat.
Irawan, M. Suparmoko, 1995, Ekonomi Pembangunan, Edisi Lima, Cetakan ke Empat, Yogyakarta, Penerbit BPFE.
Mudrajad Kuncoro, 1997, Ekonomi Pembangunan, Teori, masalah dan kebijakan. Cetakan pertama, unit penerbitan dan percetakan akademi manajemen perusahaan YKPN Yogyakarta.
Ischak, Surasini,dan Murdiyanto.1989.Geografi SMA Kelas 2.PT. Intan Pariwara.Yogyakarta
Sukandarrumidi,Prof.,Ir.,MSc.,PhD..2009.Bahan Galian Industri.Gadjah Mada Universit Press.Yogyakarta
Sutrijat,Sumandi.1999.Geografi SMA kelas 1.Departemen pendidikan dan kebudayaan.Jakarta
Abu Ahmadi. H, A. Supatmo. 1998, Ilmu Almiah Dasar. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Elly M. Setiadi, Et Al. 2006. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta Kencana Prenada Media Group.
Jasin Maskoeri, 2005, Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

1 komentar:


  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

    BalasHapus