DAFTAR ISI
A. Latar Belakang
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari
yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.
Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan
makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang
tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan
tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga
kebanyakan terlalu mahal.
Salah
satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi
makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga
cukup istimewa adalah martabak lumpia. Banyaknya martabak lumpia di pasaran,
membuat kami ingin berinovasi dengan lumpia tersebut dengan menambahkan mie di
bagian luar lumpia tersebut. Yang kami beri nama “Mar Gu Mie”.
Dengan
pembuatan Mar Gu Mie yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi
lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka
tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan
Mar Gu Mie sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga
lezat memang belum dikenal dari masyarakat, sehingga usaha ini memang layak
dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
Dengan
hal tersebut, maka kami ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan
"Mar Gu Mie" untuk dikembangkan menjadi usaha agar masyarakat tidak
akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.
B. Tujuan
Tujuan kami
memilih jenis usaha ini yaitu:
1.
Untuk memenuhi tugas kuliah
2.
Mencari keuntungan/laba
3.
Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan
yang baru
4.
Mencapai target penjualan
5.
Membuat jajanan yang sehat, bergizi dan
mengenyangkan bagi masyarakat
6.
Memadukan makanan yang digemari menjadi satu
7.
Sebagai pembelajaran berwirausaha sejak mahasiswa
1.
Menganalisa potensi pasar
Dalam
menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha
yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
2.
Menentukan objek pasar
Dalam
menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau
masyarakat (konsumen)
3.
Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam
menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara
melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
Keunggulan
dari produk ini yaitu bahan produk yang higienis.
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu
adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui
analisis SWOT.
1.
Strenght (Kekuatan)
a.
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
b.
Bahan produk yang terjamin dan higienis
c.
Sedikitnya pesaing yang memproduksi makanan
ini
2.
Weakness (Kelemahan)
a.
Tidak tahan lama
b.
Produknya mudah ditiru
3.
Opportunity (Peluang)
Tempat strategis
4.
Threath (Ancaman)
Munculnya pesaing
yang akan menjual produk yang sama dengan harga yang lebih rendah / murah.
1.
Product (Produk)
Produk yang
dijual adalah "Mar Gu Mie" yang merupakan makanan selingan
sehari-hari.
2.
Price (Harga)
Harga perporsi Rp
5.000,- karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah.
3.
Promotion (Promosi)
Promosi produk ini dilakukan dengan info dari
orang satu ke orang lainnya.
4.
Place (Tempat)
Tempat yang
dipilih yaitu di daerah sekitar rumah dan kantor, karena letaknya cukup
strategis dan banyak masyarakat (konsumen).
1.
Aspek modal
-
|
lumpia 8 bungkus
|
12,000
|
||
-
|
telur 1/2 kg
|
11,000
|
||
-
|
daun bawang
|
1,000
|
||
-
|
bumbu dapur
|
7,000
|
||
-
|
kentang & wortel
|
10,000
|
||
-
|
sosis ayam
|
15,000
|
||
-
|
mie telur 2
|
8,000
|
||
-
|
minyak goreng
|
12,000
|
||
-
|
mika 30 pcs
|
7,500
|
||
-
|
saus
|
12,000
|
||
total modal
|
95,500
|
|||
2.
Harga per pcs

3.
Harga per porsi
=
1,592 x 2 = 3,184 => 5,000 per
porsi
4.
Perhitungan Keuntungan
Harga jual = 5.000 x 30 porsi = 150.000
Harga jual = 5.000 x 30 porsi = 150.000
Harga pokok produk 95.500
Laba bersih 54.500
54,500
|
x
|
100%
|
=
|
36,33 %
|
150,000
|
5.
Persentase keuntungan
H. Laporan Penjualan
LAPORAN PENJUALAN
Laporan
Penjualan per juni 2015
Penjualan Rp.
150.000,-
Pembelian bahan-bahan :
Kulit lumpia 8 bungkus : Rp. 12.000,-
Terlur ½ Kg : Rp. 11.000,-
Daun bawang : Rp. 1.000,-
Bumbu dapur : Rp. 7.000,-
Kentang & wortel : Rp. 10.000,-
Sosis : Rp.
15.000,-
Mie :
Rp. 8.000,-
Minyak goreng : Rp. 12.000,-
Mika 30 pcs : Rp. 7.500,-
Saos pcs set : Rp. 12.000,-
Total Pembelian
Bahan-bahan (Rp. 95.500,-)
Total Profit Bersih Rp. 54.500,-

I. Kelebihan dan Kekurangan
·
Kelebihan :




·
Kekurangan :


Tidak ada komentar:
Posting Komentar